Apa itu JDM?



Secara harafiah apa itu mobil JDM (Japanese Domestic Market) menggambarkan sebagai mobil-mobil yang hanya dijual di pasar domestik Jepang. Deretan kendaraan tersebut memang dipasarkan dengan standar spesifikasi yang berlaku di Negeri Matahari Terbit yaitu Jepang.

Jadi mobil-mobil seperti Toyota Avansa, Datsun Go, Nissan Juke atau mobil lainnya meskipun merek Jepang tapi diproduksi diluar jepang atau spesifikasinya bukan seperti standard jepang tapi berdasarkan negara atau daerah tertentu tidak dikategorikan sebagai JDM

Untuk diketahui, ciri utama mobil-mobil JDM biasanya adalah memiliki performa dan kecepatan yang tinggi. Sebut saja Toyota Supra, Toyota GT One, Mazda RX 7, Mitsubishi Lancer Evo, hingga Nissan Skyline GT-R.  

Sementara untuk mobil JDM yang dirancang untuk pemakaian di dalam kota, kini lebih sering diasosiasikan dengan jenis kei car

Ciri lainnya adalah stiker Wakaba dan Koreisha. Kedua stiker ini punya arti sendiri. Wakaba berwarna kuning dan hijau, artinya pengemudi baru belajar mengendarai mobil. Sedangkan Koreisha berwarna kuning dan orange artinya pengemudi sudah terampil berkendara.

Beberapa hal harus diluruskan agar kamu tidak salah memahami apa itu mobil JDM. Apa saja kesalahpahaman tersebut?

  • Mobil CBU (Complete Build Up) Jepang. Ini tidak tepat. Tidak semua mobil yang diimpor utuh dari jepang termasuk JDM. Mobil JDM tidak diimpor secara resmi ke mana pun kecuali menggunakan jalur dealer atau importir umum.  
  • Mobil merek Jepang. Tidak semua mobil merek Jepang disebut JDM. Karena ada juga mobil Eropa yang dijual khusus di pasar Jepang.
  • Menggunakan onderdil JDM. Ini juga tidak tepat. Mobil yang menggunakan sebagian onderdil atau aksesoris JDM tidak bisa otomatis disebut mobil JDM. Itu hanya cocok disebut sebagai JDM look.
  • OEM JDM. Mobil yang dikategorikan OEM (Original Equipment Manufacturer) JDM juga belum tentu masuk kriteria mobil JDM murni. Jangan sampai terkecoh ya.

Nah, jika ingin membeli mobil-mobil JDM tersebut, apakah bisa? Sayangnya, dalam aturan resmi kamu tidak bisa membeli mobil JDM terbaru untuk diboyong ke Indonesia.

Importir umum akan membeli mobil JDM bekas sesuai aturan yang tertera dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 14 tahun 2016. 

Semoga bermanfaat

Post a Comment

0 Comments